Thursday, February 24, 2011

Ikan Paus Terdampar Di Pantai Tuban

Ikan Paus Terdampar Di Pantai Tuban. Seekor Ikan Paus sepanjang 10 meter menepi di pantai Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Peristiwa ini membuat geger sejumlah warga desa tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, ikan itu menepi di pantai desa tersebut yang jaraknya hanya sekitar seratus meter dari pantai. Warga merasa kaget dengan adanya ikan besar itu berada tak jauh dari bibir pantai.

Peristiwa ini menjadi tontonan warga sekitar yang penasaran terhadap ikan yang tergolong berukuran besar. Pasalnya mereka jarang melihat ikan yang ukurannya sangat besar itu.

"Biasanya setiap tahun ikan paus itu ada yang menepi mas, biasanya kalau sudah terjadi ombak besar," jelas Saiful Anwar (30), salah satu warga desa tersebut yang sempat menyaksikan ikan itu, Rabu (23/2/2011).

Sejumlah warga yang menyaksikan ikan paus itu membiarkan saja ikan yang sudah dekat dengan bibir pantai itu. "Kami tidak berani mengganggunya, soalnya nanti takut ada apa-apa, soalnya ikannya besar sekali," tambahnya.

Sementara itu, sejumlah warga yang lain menyatakan jika ikan paus berada di tepi pantai yang tak jauh dari pelabuhan PT Semen Gresik itu berputar-putar sekitar satu jam. "Tadi sekitar satu jam mas, ikan itu di tepi, tapi warga tidak ada yang berani untuk mendekat," jelas Sono, warga yang lain.

Warga memperkirakan dengan adanya ikan paus yang menepi itu, biasanya sebagi pertanda bahwa kondisi cuaca yang akhir-akhir ini selalu memburuk akan segera kembali membaik.

"Tahun sebelumnya biasanya kalau habis ada ikan paus itu, kondisi cuaca akan membaik, sehingga nelayan bisa kembali untuk melaut," pungkas warga yang sudah puluhan tahun menjadi nelayan itu.(inilah.com)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...