Monday, July 25, 2011

Aneh, 32 Pria di Rajasthan Melahirkan Bayi

Aneh, 32 Pria di Rajasthan Melahirkan Bayi-Sepanjang sejarah, desas-desus ada seorang pria yang melahirkan bayi tidak pernah bisa dikonfirmasi kebenarannya. Namun kali ini tidak hanya satu, sebuah wilayah di Rajasthan melaporkan adanya 32 orang pria yang bisa melahirkan bayi.
Laporan yang dibuat oleh sebuah klinik bersalin, Gogunda Community Health Centre di kota Kotda ini kontan mengejutkan pemerintah pusat Rajasthan. Selain tidak percaya ada pria bisa melahirkan bayi, pemerintah setempat juga menyangsikan angka kelahiran yang dinilai terlalu tinggi.
Belakangan setelah diselidiki, ke-32 pria yang dilaporkan telah melahirkan bayi di klinik tersebut hanyalah data fiktif untuk menggelembungkan angka kelahiran bayi. Tentu saja dengan harapan pemerintah pusat akan memberikan bantuan persalinan yang lebih banyak.

Diduga, skandal ini terungkap akibat keteledoran seorang asisten bidan dalam memasukkan nama-nama pasien yang melahirkan. Entah karena terburu-buru atau memang tidak punya ide lain, 32 nama pria dimasukkan juga dalam daftar laporan ibu melahirkan.
Lebih memalukan lagi, bukan hanya nama-nama pria yang masuk dalam daftar. Asisten bidan tersebut juga memasukkan lansia berusia 60 tahun yang seharusnya sudah memasuki masa menopause, namun dilaporkan masih melahirkan 2 kali dalam kurun waktu setahun.
Beberapa data juga ditulis ulang hingga beberapa kali, misalnya seorang wanita muda bernama Sita yang dilaporkan melahirkan sebanyak 24 kali dalam setahun. Bahkan sang asisten bidan yang diduga kuat memalsukan data itu juga memasukkan namanya sendiri sebanyak 11 kali melahirkan.
Diduga kuat, motif penggelembungan data adalah untuk mendapatkan bantuan yang lebih besar dari pemerintah pusat Rajasthan. Dikutip dari Timesofindia, Senin (25/7/2011), untuk menekan angka kematian ibu, pemerintah setampat memberikan bantuan sebesar Rs 1.700 (sekitar Rp 328 ribu) untuk setiap ibu melahirkan dan tunjangan Rs 200 (sekitar Rp 38 ribu) untuk setiap bidan yang menolongnya.
Secara anatomi, seorang pria tidak mungkin melahirkan karena struktur alat reproduksinya berbeda dengan wanita. Meskipun demikian, kabar adanya pria yang melahirkan seorang bayi sudah beberapa kali mencuat dan akhirnya menguap begitu saja karena tidak pernah bisa dikonfirmasi kebenarannya.
Salah satu pria yang benar-benar melahirkan seorang anak adalah Thomas Beatie yang dijuluki The Pregnant Man alias pria yang hamil. Sebenarnya Beatie adalah seorang perempuan yang dirombak total menjadi laki-laki lewat operasi sexual reassignment, namun sistem reproduksinya tetap dipertahankan hingga akhirnya bisa hamil pada tahun 2007.
Untuk diketahui, Beatie merupakan hasil modifikasi seorang seniman kontroversial Marc Quinn. Dikutip dari The Guardian, seniman asal Inggris ini terkenal hobi melakukan modifikasi ekstrem pada tubuh manusia.


Baca juga:

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...