Friday, May 20, 2011

AnatOnMe Pemindai Pengganti Sinar-X


AnatOnMe Pemindai Pengganti Sinar-X-Di masa depan, teknologi sinar-X atau MRI bisa jadi akan ketinggalan zaman. Karena sekarang sudah ada AnatOnMe.
Amy K. Karlson dan Daniel Wigdor dari Microsoft Research, dan Tao Ni dari Virginia Tech's Department of Computer Science telah menciptakan sebuah sistem alat pemindai yang dapat melihat kondisi tulang, jaringan otot, dan syaraf dalam tubuh manusia, serta menampilkannya secara langsung pada laptop. Para pasien dapat melihat proyeksi tersebut secara langsung dan hasil gambarnya dapat dicetak.
Teknologi ini mudah dioperasikan dan diharapkan dapat membantu kerja para ahli terapi penyakit dalam. Jika informasi mengenai kondisi dalam tubuh manusia cepat diketahui, tentu proses penanganan dan penyembuhan akan dapat segera dilakukan.

Cara kerja AnatOnMe tidaklah rumit. Komponen pertamanya adalah Optoma PK102 pico projector dan webcam digital Microsoft LifeCam. Sedangkan komponen ke dua adalah kamera infrared FireFly MV USB dan hasil modifikasi laser dioda IR, serta sejumlah tombol kontrol. Kedua komponen tersebut terhubung pada laptop.
Prototype ini diujicobakan pada 18 partisipan. Hasilnya, dua ahli terapi tubuh menyatakan bahwa alat ini dapat membantu mereka menjelaskan kondisi tubuh kepada pasien. Hingga kini alat tersebut masih terus dikembangkan.


Sumber: inilah.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...