Friday, May 27, 2011

Heboh, Situs CNN Palsu Berbahasa Rusia Dengan Berita"Ngaco"


Heboh, Situs CNN Palsu Berbahasa Rusia Dengan Berita"Ngaco"-Sebuah situs berita berbahasa Russia yang menyaru sebagai bagian dari jaringan  CNN Amerika Serikat membingungkan publik Russia. Pasalnya, meski tampilan dan tema beritanya sama, namun isinya menjadi aneh karena penerjemahannya menggunakan pesin penerjemah. 
"Kami hanya bisa mengatakan bahwa itu bukan website kami," kata  Maxim Tkachenko, kepala biro CNN Moskow. "Perusahaan kami tengah mempelajari masalah ini."
Ia memastikan situs ini bukan situs CNN. "Kami mengevaluasi langkah-langkah selanjutnya," kata seorang juru bicara yang berbasis di London untuk CNN, Claudia Coles, dalam sebuah e-mail.
Website beralamat di Cnnrussia.ru. Tampilannya, sungguh mirip salinan CNN dan mempunyai link ke berita di situs CNN. Ia menyebut dirinya sebagai sebuah 'situs resmi' dan memberi catatan bahwa terjemahan yang dilakukan secara otomatis dan oleh karena 'kesalahan yang mungkin'.

Di antara kesalahan yang tidak disengaja adalah referensi kepada kepala Dana Moneter Internasional, Dominique Strauss-Kahn, menggunakan kata Rusia yang mengacu pada "kepala penis". Situs ini telah dikunjungi lebih dari 1.700 kali pada hari Rabu, menurut situs pemeringkatan Live Internet, dan mulai dipasangi iklan.
Tidak jelas siapa yang berada di belakang situs ini, walaupun link ke halaman LiveJournal yang mengatakan pemiliknya adalah dari Ivanovo, sebuah kota terkenal karena pabrik kapas di Rusia tengah. Situs ini memiliki halaman teratur diperbaharui di Facebook, dibuka tahun lalu, dan account Twitter dengan 214 pengikut.


Sumber: republika.co.id

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...