Wednesday, March 30, 2011

Di Tokyo Beli Air Mineral Wajib Tunjukkan Kartu Ibu Hamil


Di Tokyo Beli Air Mineral Wajib Tunjukkan Kartu Ibu Hamil-Tokyu Store, jaringan supermarket dan department store yang cukup terkemuka di Jepang menjual air mineral dengan prasyarat. Para pelanggan diminta untuk mendahulukan ibu hamil, atau keluarga yang memiliki bayi untuk membeli air mineral ini.

Calon pembeli pun diminta memperlihatkan kartu identitas atau kartu keterangan sedang mengandung (boshi teicho) yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Hal ini dilakukan berkaitan dengan munculnya keprihatinan dan imbauan untuk tidak menggunakan air ledeng untuk wilayah Tokyo dan sekitarnya menyusul meningkatnya radiasi. Pihak yang berwenang telah menyatakan bahwa air minum di Tokyo aman dan tidak tercemar zat radioaktif dari PLTU Fukushima seperti sebelumnya diberitakan.

Pengelola toko melakukan antisipasi seandainya air mineral diserbu oleh para konsumen.  Pengumuman wajib memperlihatkan kartu hamil dipajang di toko-toko jaringan Tokyu yang tersebar di wilayah Tokyo dan sekitarnya. Tujuannya agar mereka yang dinilai lebih rentan dan lebih membutuhkan air mineral agar didahulukan kebutuhannya.

Di akhir pengumuman, sang pengelola toko juga meminta agar konsumen memaklumi prasyarat yang diterapkan oleh supermarket Tokyu.



Sumber: republika.co.id

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...