Wednesday, November 24, 2010

Mengapa China Dukung Korut?

Mengapa China Selalu Mendukung Korut, apa motif China di balik dukungannya kepada Korut?
Insiden penembakan artileri Korut ke Korea Selatan, mendapat perhatian dari media Negeri Tirai Bambu. Namun mereka tak mengkritiknya. Bahkan dikatakan, serangan ini menunjukkan ketangguhan Pyongyang.
Misalnya suratkabar Global Times, yang mengatakan ketangguhan itu terlihat. Media ini juga menganggap kebijakan garis keras pemerintah Korsel terhadap tetangganya sudah gagal.
Berita-berita China menilai, pemboman yang memprovokasi tembakan balasan Selatan itu, memang dipicu oleh Korsel. Hal ini sebagaimana terlihat dalam peliputan media televisi China Central Television.

Kantor berita nasional Xinhua memberitakan berbagai dugaan seputar baku tembak itu. Namun tidak terang-terangan memuat siapa yang memulai terlebih dahulu.
Dalam insiden-insiden terdahulu, China memang tidak pernah mencecam Korut. Meski Pyongyang terang-terangan melakukan tindakan provakasi. Seperti menguji rudal balistik yang bisa dipersanjatai nuklir, Taepodong.
Sejumlah ahli pernah menyatakan, pendekatan Beijing dalam mendukung rezim Kim Jong-il itu sebenarnya memiliki motif. Yakni kekhawatiran terjadi banjir pengungsi ke negara berpopulasi terpadat itu, jika Utara runtuh.
Selain itu, China memang juga ingin memantau pengaruh AS di wilayah tersebut. Sebab, ada kemungkinan jika semenanjung Korea bersatu, Korsel yang sekutu AS akan mendominasi.

Sumber:inilah.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...