Saturday, January 29, 2011

Pengawal Pribadi Hitler Menyerah

Pengawal Pribadi Hitler Menyerah

Pengawal Pribadi Hitler Menyerah
Rochus Misch Adolf Hitler
Menjadi pengawal Adolf Hitler rupanya 'berkah' tersendiri bagi Rochus Misch (93 tahun). Selama 65 tahun terakhir, ia menghabiskan waktunya untuk membalas surat-surat dari penggemar sejarah dan Hitler yang meminta tanda tangan atau sekedar bercerita.

Namun kali ini, Misch sudah tak kuat lagi. Pria renta yang kini berjalan menggunakan alat bantu ini menyerah. "Saya tak bisa lagi membalas surat-surat penggemar," katanya, seperti dikutip Reuters, Kamis (27/1).

Misch adalah salah satu pengawal terakhir Hitler yang masih hidup. Ia juga menjadi salah satu saksi hidup yang melihat Hitler dan sejumlah perwira tinggi Nazi lainnya sebelum mereka tewas.


Selain menjadi pengawal, ia juga menjadi operator telepon pribadi Fuhrer dan kurir khusus. Ia menerbitkan memoir pada 2009 berjudul, The Last Witness, yang akan segera diangkat menjadi film di Jerman.

"Saya menerima banyak surat dari Korea, dari Knoxville, dari Tennessee, dan Finlandia, dan Islandia," katanya. Uniknya, isi surat-surat itu tidak ada satupun yang mengutuk Misch dalam ambil peran sebagai perwira Nazi.

"Para fans kerap meminta saya menandatangani surat, kartu pos, atau foto saya mengenakan seragam SS," katanya lagi.(republika)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...